Saham Mahasiswa Pemula Tips Investasi Yes Trading No

Tips saham mahasiswa pemula: investasi saham yes, trading saham no. Mahasiswa pemula yang awam saham, lebih baik jadi investor saham vs trader saham.

Definisi investasi saham adalah beli saham untuk jangka panjang. Definisi trading saham adalah beli saham untuk jangka pendek.

Mahasiswa pemula lebih baik investasi saham. Trading saham memang lebih menggoda, karena bisa dapat profit harian. Kalau bisa jadi kaya sekarang, untuk apa menunggu 5 tahun lagi?

2 alasan utama mahasiswa pemula jangan trading saham:
  1. Ilmu saham, khususnya technical analysis, masih rendah. Jual beli saham jangka pendek berarti harus bisa prediksi harga saham. Bagaimana mahasiswa pemula bisa prediksi harga saham, bila ilmu masih rendah? Lain soal, bila mahasiswa paranormal.
  2. Modal mahasiswa juga masih kecil sehingga godaan trading pakai margin besar. Margin pisau bermata dua. Bila profit memang nikmat, tapi bagaimana kalau loss? Mahasiswa bisa bangkrut.
Trading saham bukannya jelek tapi ilmu dan modal mahasiswa belum cukup. Jangan sampai niat trading stock untuk cepat kaya, malah terjerumus judi saham. Mahasiswa boleh trading saham bila ilmu dan modal sudah cukup.

Mahasiswa memang punya kelemahan di ilmu dan modal, tapi punya satu kelebihan. Usia mahasiswa masih muda. Time is your friend. Waktu adalah kunci sukses investasi saham. Seiring waktu, harga saham akan kembali ke nilai fundamental-nya. Mahasiswa tidak perlu prediksi harga saham, hanya perlu belajar cara hitung nilai fundamental perusahaan dan menunggu harga saham kembali.

Selain cocok dengan kelebihan mahasiswa, investasi saham terbukti lebih menguntungkan dibandingkan trading saham. Warren Buffett dan Lo Kheng Hong adalah bukti nyata investasi saham lebih untung.

Tips saham untuk mahasiswa pemula? Lebih baik investasi saham.

Tidak ada komentar: